PENGUMUMAN PPLN DEN HAAG


Perihal: Perangko untuk Amplop pengembalian surat suara.

PPLN/KPPSLN Pos Den Haag telah mengirimkan surat suara untuk pemilih dengan metode Pos di Belanda. Pengiriman dilakukan secara bertahap melalui pos dengan cara tercatat (aangetekend) untuk memastikan bahwa surat suara betul-betul diterima oleh Pemilih. Namun kemudian terjadi ketidakpastian mengenai pengembalian surat suara yang sudah dicoblos oleh pemilih: Apakah amplop pengembalian surat suara perlu memakai perangko atau tidak?

PPLN/KPPSLN Pos Den Haag sudah mengambil sebanyak 131 amplop surat suara dari Postbus PPLN pada tanggal 4 April 2019. Semua amplop surat suara yang sudah dikirimkan kembali oleh pemilih tersebut tanpa ada perangko karena pada amplop pengembalian sudah dituliskan Port Betaald. Namun kami juga mendapatkan informasi bahwa ada amplop surat suara yang dikembalikan kepada pemilih ataupun pemilih diminta membeli perangko oleh petugas Pos untuk mengirimkan surat suara kepada PPLN/KPPSLN Pos.

Untuk menghindari surat suara yang dikirim kembali tidak sampai kepada PPLN/KPPSLN Pos, maka kami menyarankan kepada pemilih yang belum mengirimkan surat suara yang sudah dicoblos untuk membeli dan menempelkan perangko di amplop pengembalian surat suara. PPLN/KPPSLN Pos akan mengganti perangko yang sudah digunakan tersebut setelah selesai tahapan penghitungan suara hasil pemilu di Belanda.

Surat suara diterima paling lambat oleh PPLN/KPPSLN Pos sebelum rapat penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019.

Den Haag, 6 April 2019
Ketua PPLN Den Haag
 
Moeljo Wijono